RIZKA RAMADHANIA A

Berpacu menjadi yang terbaik

Kategori

social networking

cursor

    Copyright: Blog Trik dan Tips - http://blogtrikdantips.blogspot.com/2012/05/membuat-efek-gelembung-pada-cursor.html#ixzz1zYOyaCaR Tolong sertakan link ini jika mengkopi artikel diatas. Terima kasih

twitter


Jawaban Soal UAS Komputasi Biomedis No.2

diposting oleh rizka-r-a-fst09 pada 02 July 2012
di Umum - 0 komentar

Dosen: Dr. Ir.H. Anas Soegianto Soelistiono M.Si

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Atas nama Sang Pencipta Jagad Raya, saya Rizka Ramadhania A. (080917047) mengerjakan soal UAS ini dengan jujur dan bersungguh-sungguh.

Soal no.2:

Lakukan analisa grafis dari data medis!

a. Bagaimana mengubah data grafis menjadi data numerik?

b. Apa yang dapat dianalisa dari data numerik tersebut? Informasi fisis apa yang didapat dari data tersebut serta untuk apa?


a. Dalam bahasan kali ini, saya mengambil salah satu contoh rekam medis CT Scan citra otak manusia. Dimana akan diidentifikasi dan dianalisis  keabnoralannya dengan menggunakan operasi substract dikombinasikan operasi morfologi. Pada bagian ini akan dijelaskan beberapa teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu segmentasi, dan morfologi.

  1. Segmentasi

Segmentasi merupakan pemisahan obyek-obyek yang ada pada citra sehingga pengolahan citra dapat dilakukan pada masing-masing obyek. Salah satu metode segmentasi adalah watershed, yaitu metode segmenatsi yang memproses citra berdasarkan tingkat warna abu-abunya. Tujuan segmentasi dengan metode ini adalah membentuk garis watershed (dam) agar diperoleh segmen dengan batas yang kontinyu.

  1. Morfologi

Operasi morfologi adalah teknik pengolahan citra yang didasarkan pada bentuk segmen atau region dalam citra. Ada beberapa operasi morfologi yang dapat dilakukan antara lain, yaitu dilasi, erosi, opening (pembukaan), closing (penutupan), dan filling (pengisian).

Secara umum langkah yang dilakukan dijabarkan menjadi beberapa langkah seperti dalam gambar 3 dibawah ini.

  • Akuisisi Citra

Akuisisi citra adalah tahap untuk mendapatkan citra digital. Tujuan akuisisi citra adalah untuk menentukan data yang diperlukan.

  • Transformasi Citra

Dalam tugas ini, citra yang digunakan adalah citra otak normal dan abnormal. Data diperoleh dari internet, kemudian disimpan dalam dalam file jpg dalam format RGB. Data selanjutnya dimanipulasi dan disimpan menggunakan Paint. Hasil akhir pengolahan dengan Paint adalah citra data dengan ukuran yang sama (149x174) dan fokus pada obyek yang ditentukan (otak normal & abnormal). Dengan menggunakan Matlab, bentuk citra tersebut dapat dioperasikan menggunakan operasi dasar aritmatika. Struktur data yang dipakai pada Matlab adalah bentuk array.

Kedua citra (normal maupun abnormal) yang sudah dimasukkan oleh pengguna, diubah dalam format abu-abu (grayscale) dengan perintah rgb2gray. Nilai intensitas citra dalam format grayscale diteruskan ke format biner dengan perintah im2bw. Citra biner ini mempunyai nilai antara 0 dan 1 dimana nilai 0 merepresentasikan warna hitam dan nilai 1 merepresentasikan warna putih. Contoh bentuk otak normal dan abnormal :

CITRA OTAK NORMAL    CITRA OTAK ABNORMAL

  • Ekstraksi Region of Interest (ROI)

ROI ditentukan dengan cara melakukan operasi pengurangan (substract) citra otak normal dengan citra abnormal. Untuk menghasilkan ROI, dilakukan proses segmentasi morfologi yang akan memisahkan citra bagian anomali dari otak, ataupun memisahkan citra otak dari latar belakang.

 

Marker-controlled watershed mengikuti prosedur berikut :

1. Melakukan fungsi segmentasi, yaitu melakukan obyak segmentasi pada daerah gelap citra.

2. Melakukan foreground marker , menghubungkan setiap blobs piksel obyek

3. Melakukan background marker , piksel yang tidak menjadi bagian piksel obyek

4. Memodifikasi fungsi segmentasi sehingga meminimalkan lokasi marker daerah foreground danbackground

5. Melakukan segmentasi watershed transform.Segmentasi yang digunakan adalah watershed dengan structuring kernel disk filter. Fungsi yang digunakanadalah fspecial, dan imfilter.

Hasil segmentasi ini dapat digunakan untuk menghitung luas area otak normal maupun area tumor, menggunakan bwarea. Cara untuk mengukur tumor adalah membandingkan jumlah pikseltumor dibandingkan dengan jumlah piksel otak normal.

HASIL UJI COBA

b. Dari data tersebut kita dapat memeperoleh data berupa jumlah pixel dan prosentase ukuran otak normal dan yang terkena tumor. sehingga kemudian dapat diolah untuk mendeteksi seberapa parah kanker/tumor tersebut dari luas wilayah otak abnormal dibandingkan dengan yang normal

 


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :