RIZKA RAMADHANIA A

Berpacu menjadi yang terbaik

Kategori

social networking

cursor

    Copyright: Blog Trik dan Tips - http://blogtrikdantips.blogspot.com/2012/05/membuat-efek-gelembung-pada-cursor.html#ixzz1zYOyaCaR Tolong sertakan link ini jika mengkopi artikel diatas. Terima kasih

twitter


Jawaban Soal UAS Komputasi Biomedis No.3

diposting oleh rizka-r-a-fst09 pada 02 July 2012
di Umum - 0 komentar

Dosen: Dr. Ir.H. Anas Soegianto Soelistiono M.Si

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Atas nama Pencipta Jagad Raya, saya Rizka Ramadhania A. (080917047) mengerjakan soal UAS ini dengan jujur dan bersungguh-sungguh.

Soal no.3:

Jelaskan mengenai proses mempresiksi suara manusia (voice recognition)! Apa yang telah dikerjakan banyak orang mengenai ini? Carilah apa yang mungkin dari sisi kesehatan yang bisa dideteksi dengan voice recognition ini!

 

Voice recognition dibagi menjadi dua jenis, yaitu speech recognition dan speaker recognition. Voice Recognition mengidentifikasi siapa yang berbicara, sedangkan Speech Recognition mengidentifikasi apa yang diucapkan dengan melakukan konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh audio device (perangkat input suara) kemudian diterjemahkan menjadi suatu data yang dimengerti oleh komputer. Parameter yang dibandingkan ialah tingkat penekanan suara yang kemudian akan dicocokkan dengan template database yang tersedia.

Terdapat 4 langkah utama dalam sistem pengenalan suara:

·     Penerimaan data input

·     Ekstraksi, yaitu penyimpanan data masukan sekaligus pembuatan database untuk template.

·  Pembandingan / pencocokan, yaitu tahap pencocokan data baru dengan data suara (pencocokan tata bahasa) pada template.

·     Validasi identitas pengguna.

 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merekam suara dalam microphone menggunakan sound card dalam computer, sehingga data digital akan terbentuk menjadi suatu template yang disimpan dalam computer dalam bentuk kode. Selanjutnya adalah data sampel ditangkap oleh microphone kemudian sebelum data digital terbentuk sinyal analog sebelumnya disampling, kuantitas, dan pengkodeanya sehingga terbentuk data digitalnya yang diproses dengan fast fourier transform.selanjutnya hasil pengolahan dengan fast fourier transform dibandingkan dengan input rekaman yang berada di template, apabila terdapat data rekaman yang dibandingkan sesuai, maka akan ditampilkan dalam aplikasi computer.

 

Yang sudah dikerjakan banyak orang mengenai hal ini diantaranya terdapat pada smartphone. Yaitu SIRI pada Iphone dan IRIS pada Android. Penggunaan speech recognization pada windows 7. Selain itu juga Air Traffic Controllers (ATC) yang dipakai oleh para pilot untuk mendapatkan keterangan mengenai keadaan lalu-lintas udara seperti radar, cuaca, dan navigasi.

 

VOICE RECOGNIZE PADA BIDANG MEDIS

  1. VUI

Alat pengenal ucapan banyak digunakan dalam bidang kesehatan untuk membantu para penyandang cacat dalam beraktivitas. Prinsip kerja secara umum dari Aplikasi Voice User Interface adalah Aplikasi VUI ini akan mendengarkan perintah dari user dan kemudian memberikan respon sesuai dengan perintah yang diberikan. Proses pengenalan suara user dilakukan oleh Speech Recognizer yang berada di dalam Speech API, kemudian Speech Recognizer memberikan kata atau kalimat yang diucapkan user kepada Aplikasi VUI dalam bentuk teks. Teks tersebutlah yang diproses oleh Aplikasi VUI untuk menentukan respon apa yang akan dilakukan atas perintah yang diberikan oleh user.

2.  Medical Transcription (MT)

MT ini adalah alat yang mengkonversi rekaman suara laporan dari dokter mengenai kesehatan pasiennya ke dalam format teks.

 

Reference:

http://id.wikipedia.org/wiki/Pengenalan_ucapan

http://kunia.blog.uns.ac.id

 

 


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :